Saturday, December 13, 2014

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN SMARTPHONE ANDROID

a.       KEUNGGULAN
ü  Smartphone Android itu multitasking. Artinya, user dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan Smartphone Android. Kita dapat melakukan browsing, membuka Facebook, dan mendengarkan lagu dalam saat yang bersamaan dengan Smartphone Android.
ü  Jika kita adalah pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai dengan Google Reader, Smartphone Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga kita bisa dengan cepat mengecek e-mail dari G-mail.
ü  Jika kita senang menginstall aplikasi-aplikasi baru, kita dapat mengunduh berbagai aplikasi gratis lewat Google Android App Market. Aplikasi yang tersedia di Google Android App Market ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.
ü  Android memudahkan kita untuk mengecek notifikasi dengan cepat. Setiap ada SMS, e-mail, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader yang masuk ke handphone, akan selalu ada notifikasinya di Home Screen ponsel untuk memberitahukan hal tersebut. Tidak ketinggalan juga dengan lampu LED sebagai indicator notifikasi yang berkelip-kelip, sehingga kita tidak akan terlewatkan satu notifikasi pun kecuali saat Smartphone mati.
ü  Kita bisa mengupgrade Android ke versi yang lebih baru yang telah tersedia untuk mendapatkan fitur-fitur baru yang beraneka ragam pada setiap versinya.
ü  Berbicara tentang ponsel yang memiliki OS Android, akan terasa berbeda dibandingkan dengan iOS. Jika iOS hanya terbatas pada iPhone dan Apple, maka Smartphone Android memiliki banyak produsen. Mulai dari Sony Ericsson, Oppo, Motorolla, HTC, sampai Samsung.
ü  Kita dapat mengatur sendiri Random Access Memory pada Smartphone Android. Caranya dengan mengatur Widget di Home Screen sehingga kita dapat dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
b.      KELEMAHAN
ü  Kelemahan Android yang paling menonjol adalah terpakainya koneksi Internet yang terus-menerus. Kebanyakan Smartphone Android memerlukan koneksi Internet yang terus-menerus aktif. Koneksi Internet atau GPRS harus aktif setiap waktu agar kerja Smartphone Android optimal dan dapat dengan langsung mengupdate setiap program yang sudah tersedia updatenya. Itu artinya kita harus siap berlangganan paket Internet yang sesuai dengan kebutuhan. Walaupun sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan mematikan fitur paket data yang ada di dalam menu Settings, tapi kerja Smartphone Androd tidak akan optimal dan aplikasi-aplikasi kita tidak akan ter-update dengan baik jika kita melakukan itu.
ü  Kelemahan Smartphone Android yang berikutnya adalah iklan. Aplikasi di Smartphone Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis. Tetapi, jika kita lihat, sangat banyak iklan-iklan yang terlihat mengganggu. Cara mengatasinya adalah dengan menonaktifkan koneksi Internet saat anda menjalankan aplikasi.
ü  Baterai Smartphone Android cenderung lebih cepat habis alias boros karena selalu ada aplikasi yang berjalan setiap waktu.


No comments:

Post a Comment